Ananta Samakhom Throne Hall Bangkok

Hello travelers 


Buat yang lagi ngerencanain jalan-jalan ke Bangkok, jangan lupa masukin tujuan kunjungan ke Ananta Samakhom Throne Hall ya.. Saatnya cobain pengalaman baru kalo lagi di Bangkok, jangan cuma belanja belenji, makan sana makan sini (plaaakkkkk.. tampar muka sendiri :'D) Istana yang terletak di Dusit Palace ini memang sangat menarik. 

Alkisah, me and my life time partner lagi di Bangkok dan emang berencana pergi ke Anantha Samakhom Thore Hall, next nya kita singkat aja jadi ASTH ya (panjang ngetiknya ceu). Ternyata sebagian orang Thailand pun belum tau loh mereka punya tempat sekeren ini. Buktinya, pertama.. waktu kita tanya ke miss receptionist dimana lokasinya, naik bus apa kalo mau ke ASTH ini, eh doi ga tau loh. Kita sampe nunjukin gambar yang ada di brosur "ini loh miss yang tempatnya kaya gini" doi masih tetep bingung -_-  Trs si miss bilang, "You can go by taxi" bhaayyy... :( eh tapi miss nya baik loh, doi search di google alamatnya si ASTH trs diprint dalam tulisan thai. Thank you ya Miss :) wkwkwkkk. Bukti kedua, supir taksi pun ga tau dimana itu letaknya, padahal kita udah kasih liat alamat pake tulisan cacing itu. Udah 3 supir taksi yang kita tanyain, tapi semuanya lambai lambai kamera, ga tau tempatnya :'(  Ketemulah kita sama supir taksi ke-4, Mr.Baldy :D doi juga ga yakin dimana letaknya, tapi katanya kita coba aja jalan ke Dusit Zoo. Akhirnyaaaa, ada juga yg mau ngangkut kita :') Orang baik pasti akan ditemuin sama orang baik juga. Suppperrr sekali... Oiya, ada tips nih sebelum naik taksi di Bangkok, kebanyakan supir taksi di sana ga mau pake meteran/argo, jadi harganya main tembak aja. Makanya harus tawar menawar dulu sebelum kita naik. Tarif dr hotel di daerah Pratunam ke Dusit kurang lebih 150 Baht.

Kurang lebih 10menit kita sampai di daerah Dusit, sampailah kita di ASTH. Sang supir taksi pun amazing ngeliatnya. Masuk ke pintu gerbangnya aja udah bikin ternganga nganga :DDD berasa lagi di Eropa, karena memang Anantha Samakhom dibangun dengan gaya arsitektur neo-klasik ala Renaissance, Italy. 





Bangunan ini merupakan bagian dari Istana Kerajaan pada zaman dahulu, dan merupakan salah satu bagian dalam Komplek Istana Dusit. Istana ini sering menjadi lokasi untuk acara acara negara, seperti tempat resepsi dan jamuan bagi tamu kenegaraan. Pembangunan Anantha Samakhom ini dikerjakan selama 8 tahun pada masa King Rama VI yang sebelumnya dikerjakan pada masa King Rama V. Selesai tahun 1915 dengan memakan biaya sebesar 15juta baht. Banyak yaa.. Namun pada masa ini Anantha Samakhom telah diubah menjadi museum.

Waktu masuk kedalam ASTH, kita ga boleh bawa handphone, kamera, atau apapun. Yang boleh dibawa cuma baju dan sepatu yang nempel di badan kita. Sebelum masuk kita beli tiket, titip tas di loker, terus dikasih pengarahan sama staf disana. Masuk ke sana juga ga boleh pake baju sembarangan loh. Wanita nya ga boleh pake celana, walaupun celana panjang. Laki lakinya juga ga boleh pake celana pendek dan sendal jepit. Nah loh, terus gimana dong? Masa udah jauh jauh ga boleh masuk :'( Tenaang, disana udah di siapin tempat untuk beli kain atau sarung, warna warni pula hahahaa.. Tapi kan lebih baik udah siap siap sebelumnya jadi kita ga usah beli kain, lumayan buat minum kopi... :p

Dipintu masuk, kita dipinjemin alat khusus kaya HT untuk audio tour. Setiap benda disana dikasih kode, jadi untuk tau penjelasannya atau informasi sejarah mengenai benda tersebut, kita harus masukin kode ke alat tersebut. Disana akan melihat berbagai barang mulai dari miniatur tandu raja, miniatur kapal yang dibuat dari pahatan emas, meja makan raja, kotak perhiasan, berbagai hadiah dari tamu negara, lukisan sampai sulaman besar didinding yang terbuat dari benang emas, perak, dan sutra.

Selesai keliling istana, kita foto-foto dihalaman istana, and then ngupi ngupi di Doitung Cafe. Tempatnya kece buat foto-foto, LOL..




milove 





Berikut beberapa informasi mengenai Anantha Samakhom Throne Hall, Dusit Palace :
•Open 10.00 to 17.00
•(tickets available 9.45 to 16.00 hrs)
•Closed Monday, and for the New Years, Songkran, and Conatition Day (Dec 10) Holidays
• Ticket 150 Baht, student and senior citizens with ID 75 Baht
• Appropriate attire is required
•Shorts and sleeveless are not allowed
•Woman please wear skirt or Thai style sarong



see you in another trip 

Lenny

2 comments:

  1. Mba Lenny salam kenal..

    Mau tanya kalau di ASTH itu foto2 di halaman seperti foto Mba Lenny apakah sudah harus bayar tiket masuk atau free mba?

    Thank you ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloooo Mba Diory :) maaf banget aku baru sempet baca komen kamu huhu

      Untuk foto2 di halaman istana yang kaya di foto aku itu FREE bangetttt mba ♥ cuma kalo masuk ke istana aja yang bayar hehe ayoo mba kalo mau ke Bangkok jangan lupa ke ASTH yaaa.. bagus banget hihi

      Salam kenal Mba Diory ♥

      Delete